Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa Akun Google Pribadi dan Akun Blogger Harus Dibedakan?

Mengapa akun Google pribadi dan akun Google blogger harus dibedakan? Salah satu alasannya karena akun Google itu terintegrasi antara satu dengan lainnya. Google punya beragam produk dimulai dari Android, Blogger, Google Search, YouTube, Gmail, Google Docs, Google Drive, Google Albums dan masih banyak lagi.

Kenapa Akun Google Pribadi dan Akun Blogger Harus Dibedakan?

Ketika sobat membuat satu akun Google, maka akun itu akan diintegrasikan dengan produk Google lainnya. Contoh, jika sobat membuat sebuah artikel di blog, kemudian gambar tersebut di-upload ke dalam artikel, secara tidak sengaja gambar tersebut akan tersimpan secara otomatis di Google Albums sebagai penampung (wadah). Sebagai buktinya, gambar di atas bisa di-upload berulang-ulangkali hanya dengan URL gambarnya, dimana pun dan kapan pun tanpa harus di-upload kembali secara manual.

Setiap akun Google diberi kebebasan penyimpanan sebesar 15 GB, per satu akun Google.

Secara pribadi, saya selalu memisahkan antara akun Google pribadi dengan akun Google lainnya. Supaya lebih jelas, sobat bisa lihat keterangan di bawah ini yang menunjukkan fungsi dari akun Google pribadi saya:

  • Akun sosial media (FB, Blog, Twitter, etc...)
  • Melamar pekerjaan
  • Login ke situs-situs tertentu
  • Pengisian data untuk kepentingan Bank dan sejenisnya
  • Sebagai akun untuk Signup or Login ke iCloud
  • Penyimpanan dokumen, tepatnya di Google Drive

Sedangkan untuk akun Google di luar pribadi, biasanya saya gunakan untuk login akun-akun Game, buat akun Blogger, buat akun YouTube, sebagai admin blog dan banyak lagi. Setelah mengetahui bagaimana peran pentingnya sebuah akun Google, apakah sobat masih ingin menggabungkan berbagai aktifitas di dalam satu akun Google?

Terlepas sobat setuju atau tidak, sobat punya hak untuk membantah dan membenarkan sebagaimana opini sobat. Satu akun Google digabungkan dengan keperluan pribadi dan blogger sekaligus, sah-sah saja... atau boleh juga dipisahkan.
Arief Ghozaly
Arief Ghozaly Konten kreator artikel (writer/creator) sejak 2015.

4 komentar untuk "Kenapa Akun Google Pribadi dan Akun Blogger Harus Dibedakan?"

  1. makanya mas biar storagenya gak abis kalo post gambar di artikel blog jangan di upload gambarnya tapi pake link attach aja nah biar storage nya unlimited pake layanan imgur.com soalnya di imgur bebas upload gambar tanpa batas storage

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sih mas imgur juga bisa, saya tau itu udah lama banget... masalahnya banyak gambar imgur yang error, studi kasusnya bisa dilihat dari website Kaskus pada thread2 terdahulunya, banyak thread yang ada gambarnya bersumber dari imgur malah rusak. Entah imgurnya yang error atau emang akun si penggunanya yang dihapus. Sampai saat ini saya masih percaya dengan Google Albums.

      Hapus
    2. Masa saya bohong mas :D

      Hapus

Silakan berkomentar menggunakan akun Google, Anonim atau Nama (URL). No Spam, Please... Komentar spam tidak akan dipublikasikan 😊

Kontes Lomba Blog
Kontes Lomba Blog